Teknik Sipil

Teknik Sipil

Selintas Prodi

Teknik Sipil adalah bidang ilmu & keahlian yang menerapkan prinsip bidang ilmu fisika dan matematika menjadi proses rekayasa pada bidang infrastruktur bangunan seperti: gedung, jalan, jembatan, bendungan, dan lain-lain. Mahasiswa Teknik Sipil ITSB dipersiapkan untuk menjadi profesional yang kompetitif dalam memahami desain, konstruksi, serta ilmu manajemen yang menjadi dasar perkembangan infrastruktur.

Prospek karir lulusan Teknik Sipil adalah menjadi Ahli Struktur dan Konstruksi Bangunan, jalan, jembatan, serta menjadi Ahli Manajemen Konstruksi yang berkaitan dengan pengadaan barang dan jasa.

Terakreditasi BAN-PT Peringkat C (Baik)

Kurikulum

Bidang Keilmuan:

  1. Rekayasa Struktur
  2. Rekayasa Geoteknik
  3. Rekayasa Sumber Daya Air
  4. Rekayasa Transportasi
  5. Manajemen Rekayasa dan Konstruksi

Kekhususan: Intstrument

Mulai Perkuliahan                  September

Durasi Perkuliahan                8 Semester

Jumlah SKS                            Minimal 144 SKS

Syarat Penerimaan                Siswa program IPA dari SMA dan MA, SMK Teknik; lulus test dan seleksi administrasi

Gelar yang diterima               Sarjana Teknik (S.T)

TUJUAN

“Menghasilkan lulusan sarjana teknik sipil yang memiliki basis kompetensi khusus di bidang infrastruktur, dan siap mengembangkan diri melalui     pendidikan lanjut.”

STRATEGI PENCAPAIAN :

    • Pengembangan kurikulum pendidikan teknik sipil dengan penguatan pada basis sains dan teknologi;
    • Penerapan pedagogi pendidikan yang lebih berorientasi pada pemecahan masalah (problem solving), dengan rujukan pada pengalaman empiris langsung di lapangan (hands on experience);
    • Pembinaan sumber daya insani yang memiliki kompetensi dan dedikasi tinggi dalam pelaksanaan proses pembelajaran di dalam kelas maupun di lapangan;
    • Penyediaan infrastruktur dan fasilitas pendukung proses pembelajaran yang bermutu dan memadai, dilengkapi dengan sarana teknologi informasi yang andal;
    • Rekrutmen mahasiswa yang memiliki motivasi dan potensi akademik tinggi, kepribadian dan sikap yang positif, serta penuh tanggung jawab.

VISI & MISI

VISI:

“Menjadi program studi yang unggul dalam bidang teknik sipil berbasis sains dan teknologi dengan menghasilkan lulusan yang siap latih dan berperan aktif dalam pengembangan infrastruktur berkelanjutan di lingkup nasional dan global”.

MISI :

  • Melaksanakan pendidikan untuk menghasilkan sarjana teknik sipil yang memiliki kompetensi tinggi di bidang perancangan bangunan teknik sipil, memiliki wawasan lingkungan berkelanjutan, mematuhi norma dan peraturan pembangunan lingkungan binaan, serta menjunjung tinggi etika keprofesian.
  • Mengembangkan keilmuan sains dan teknologi bangunan terapan melalui penelitian yang memiliki dampak terhadap kinerja fungsional, teknis, dan ekonomi bangunan, serta membangun jejaring kerjasama penelitian dengan pihak pemerintah, industri dan perguruan tinggi lain di dalam dan di luar negeri.
  • Menerapkan pengetahuan, keahlian dan hasil-hasil penelitian dalam berbagai kegiatan pengabdian masyarakat yang memberi manfaat bagi kemaslahatan serta peningkatan kualitas hidup masyarakat.

Ketua Program Studi : Asep Irwan, S.Kel., MT.

Sekretaris Program Studi : Annisa, ST., MT.

Dosen Program Studi :

  1. L. Bambang Budi Prasetyo, ST., MT.
  2. Henry Armijaya, ST., MT.
  3. Annisa, ST., MT.
  4. Asep Irwan, S.Kel., MT.
  5. Ilham, ST., MT.

Prestasi Mahasiswa

  1. Peserta National Paper Competition Civilweek 2017 Universitas Diponegor

  2. Paper Terbaik Paper Competition Civil Carnival 2018 Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Purwokerto

  3. Peringkat 6 Paper Competition Civil Carnival 2018 Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Purwokerto

  4. Juara 1 dan Juara 3 Poster Competition Civil Expo 2018 Universitas Pembangunan Jaya

  5. Peserta Asian Concrete Federation 2018 Universitas Diponegoro

Lulusan Teknik Sipil

Lulusan Prodi Teknik Sipil ITSB bekerja sebagai engineer dan project manager di berbagai perusahaan dan instansi terkemuka yang bergerak di bidang konstruksi, antara lain PT Wijaya Karya, PT Nindya Karya (Persero), PT Pola Gondola Adiperkasa, PT Virama Karya, PT Bina Bangun Bangsa, dan PT Cipta Anta Visual, serta di instansi pemerintahan seperti BUMD dan Dinas Perindustrian.